Pura Goa Raja merupakan tempat pertemuan (Pesamuhan) “Sang Hyang Naga
Tiga” yakni tiga manifestasi Tuhan yakni “Sang Naga Anantaboga”, “Sang
Hyang Naga Basuki” dan “Sang Hyang Naga Taksaka” yang masing-masing
memiliki tempat tersendiri di komplek pura Besakih.
“Mereka bertemu di Pura Goa Raja untuk merencanakan dan menjaga
Bali,” tuturnya yang mengaku ungkapannya itu didasarkan atas
sumber-sumber tertulis sastra-agama Hindu dan tradisi lisan yang
berkembang di masyarakat.
Dalam lontar “Kusuma Dewa” diungkapkan tentang keberadaan Batara di
Buwana Agung (jagatraya) yakni Gunung Mahameru (Gunung Agung), gunung
tertinggi di Bali puncaknya menggapai angkasa, pangkal dasarnya menembus
tujuh lapisan bumi (Sapta Patala).
“Tempat itulah merupakan lokasi pertemuan para Dewata menciptakan
baik (ayu) dan buruk (ala) menjaga jagat raya Pulau Bali. Oleh sebab itu
jika Pura Besakih baik, Bali akan aman, tentram, damai dan sejahtera,”
tutur Mangku Pande Made Satra.
Leluhur masyarakat Bali dimasa lampau memahami kenyataan alam semesta
sebagai anugrah yang wajib disyukuri karena telah memberikan
kerahayuan, keselamatan dan kesejahteraan umat manusia.
Hingga kini masyarakat Bali tidak henti-hentinya mewujudkan rasa
bakti dan puji syukurnya kehadapan Tuhan Yang Maha Esa melalui upacara
keagamaan baik di Pura Besakih maupun di lambung Gunung Agung, dengan
harapan masyarakat Pulau Dewata selalu menemui keselamatan dan
kedamaian.
Rsi Markandya pada tahun 111 saka (189 masehi) menanam “Pancadhatu”
di komplek Pura Besakih hingga kini memberikan pelajaran berharga dan
amat penting bagi masyarakat setempat.
“Amat keliru bila mengabaikan Pura Besakih, termasuk Pura Goa Raja,
karena dari situlah pusat kerahayuan, keselamatan dan kesejahteraan
jagad Bali,” ungkap I Wayan Surpha, mantan Sekjen Parisada Hindu Dharma
Indonesia (PHDI) pusat, majelis tertinggi umat Hindu.
Perbaikan secara total terhadap Pura Goa Raja telah dilakukan tahun
2002 atau pemugaran yang ketiga dilakukan menyusul meletusnya Gunung
Agung tahun 1917, yang kemudian meletus lagi tahun 1963.
Sejarah
Sejarah
Pura Besakih dari segi historis terungkap melalui prasasti Purana dan
lontar menerangkan, sebagai tempat beristananya para Dewa yang
dimuliakan masyarakat Bali, sekaligus mempunyai arti penting bagi
kehidupan keagamaan umat Hindu.
Mempunyai fungsi paling penting diantara pura-pura lainnya yang ada.
Tempat suci itu memiliki peranan dan fungsi yang istimewa, antara lain
sebagai Pura “Rwa Bhineda”, “Sad Kahyangan”, “Padma Bhuana” dan pusat
dari segala kegiatan upacara keagamaan.
Perhatian terhadap pura Besakih dimulai dari pemerintahan Raja Sri
Udayana Warmadewa (tahun 1007), hingga pemerintahan Raja-raja keturunan
Sri Kresna Kepakisan (tahun 1444 dan 1454 Masehi).
Perhatian besar sang raja itu, dilanjutkan pada zaman penjajahan
Belanda di Indonesia, yang menaruh perhatian cukup besar, diwujudkan
dengan mengadakan restorasi secara besar-besaran terhadap beberapa
komplek bangunan suci yang rusak akibat bencana alam.
Setelah Indonesia merdeka, pemerintah melakukan perbaikan terhadap
beberapa bangunan fisik yang rusak, sekaligus menggelar rangkaian
upacara keagamaan.
Sejak tahun 1967, Pemprop Bali menyerahkan pengawasan dan
pemeliharaan Pura Besakih kepada Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI),
majelis tertinggi umat Hindu yang kemudian dimandatkan kepada
“Prawartaka” Pura Besakih.
Namun, dalam kenyataannya Pemprop Bali bersama delapan Pemkab dan
Pemkot secara bergotong royong memperbaiki bangunan yang rusak maupun
mendukung pelaksanaan upacara keagamaan, selain peranserta masyarakat
luas secara aktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar