Pencapaian prestasi tertinggi manusia dalam dunia konstruksi salah  satunya adalah keberhasilan membangun sebuah jembatan yang tertinggi dan  terpanjang di dunia. Jembatan merupakan salah satu media transportasi  yang sangat penting untuk menghubungkan sebuah daerah ke tempat yang  lain.
Saat ini sudah ada beberapa karya manusia yang sukses membangung  sebuah jembatan dan beberapa diantaranya memecahkan rekor karena tinggi  dan panjangnya serta desain jembatan yang unik. Desain jembatan-jembatan  ini sungguh mengagumkan dan berhasil menghubungkan dataran yang cukup  tinggi di suatu daerah ke daerah yang lain, alhasil jembatan tersebut  menjadi jembatan yang tertinggi yang pernah ada di dunia. Bahaya tentu  saja mengincar keberadaan jembatan ini dan salah satu ancaman  terbesarnya adalah masalah gravitasi bumi.
Berikut ini adalah 10 jembatan yang tertinggi di dunia dan menjadi prestasi hebat dalam sejarah manusia di bumi.
10. The Verrazano, Narrows Bridge – New York
Nama jembatan Verrazano diambil dari nama seorang penjelajah asal  Italia Giovanni da Verrazano. Jembatan ini memiliki ketinggian 211,3  meter dengan rentang panjang 1298 meter. Jembatan Verrazano dibangun  tahun 1964 hingga 1981 dan merupakan jembatan gantung terbesar di dunia.
Jembatan ini menghubungkan Brooklyn dengan kepulautan Staten di New  York, Amerika Serikat dan telah memainkan peranan penting dalam  pertumbuhan daerah-daerah di New York. Pembangunan jembatan ini  menghabiskan biaya 320 juta dolar AS.
9. The Runyang Bridge – China
Jembatan Runyang merupakan kompleks jembatan besar yang melintasi  Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, Cina. Jembatan ini merupakan bagian  dari Expressway Beijing-Shanghai. Ini merupakan jembatan suspensi dengan  rentang utama 1.490 meter dan tinggi 215 meter. Lebar jembatan adalah  39,2 meter, menampung 6 jalur lalu lintas dan jalur kecil di setiap tepi  luar untuk pemeliharaan.
Panjang total kompleks jembatan adalah sekitar 35,66 kilometer.  Pembangunan jembatan ini dimulai pada Oktober 2000 dengan biaya 5,8  miliar Yuan (sekitar US $ 700 juta) dan dibuka untuk lalu lintas umum  pada tanggal 30 April, 2005.
8. The Pont de Normandie – Japan
Pont de Normandie adalah tipe jembatan cabled-stayed yang  membentang di Sungai Siene ke Normandia. Panjang totalnya adalah  2,143.21 meter dengan tinggi 215 meter membuat jembatan ini tertinggi di  dunia no. 8.
Jembatan dibuka untuk umum pada tanggal 20 Januari 1995 dan dianggap  sebagai kabel jembatan terpanjang di dunia serta memiliki rekor untuk  jarak terpanjang antara tiang untuk tipe jembatan cabled-stayed.  Dengan ukuran 250 meteran lebih antar dermaga maka hal ini telah  memecahkan rekor sebelumnya. Rekor panjang untuk jembatan tipe cabled-stayed sebelumnya ada  pada tahun 2004 dengan 2883 meter di Rio Antirrio. Pada akhir  konstruksi, jembatan ini telah memakan biaya $ 465.000.000.
7. Tatara Bridge – Japan
Jembatan Tatara menghubungkan pulau-pulau Jepang di Honshu dan  Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang  terpanjang dari setiap jembatan kabel tetap di dunia. Jembatan ini  memiliki menara baja dengan panjang 220 meter yang memiliki rentang 890  mete.
Jembatan dibuka pada tahun 1999 dan merupakan bagian dari Expressway Mishieto  yang terkenal. Pembuatan jembatan ini hanya butuh waktu enam tahun  untuk membangun dan dibuat dengan struktural canggih yang cukup untuk  menahan gempa besar. Jembatan ini adalah salah satu rekayasa kehebatan  negara Jepang.
6. Golden Gate Bridge – USA
Dengan tinggi 227,4 meter jembatan Golden Gate adalah merupakan  sebuah jembatan gantung. Membentang mulai dari dermaga San Fransisco ke  Samudera Pasifik. Jembatan ini dianggap jembatan suspensi terpanjang di  dunia ketika selesai dibangun tahun 1937, dan menjadi salah satu simbol  yang paling diakui secara internasional yang terletak di San Francisco  dan California.
Jembatan ini telah dinyatakan sebagai salah satu keajaiban dunia modern oleh American Society of Civil Engineers. Pembangunan ini mulai dibangun pada tanggal 5 Januari 1933 dan selesai pada April 1937 dengan biaya lebih dari $ 35 juta.
5. The Great Belt Fixed Link – Denmark
Jembatan The Great Belt Fixed Link adalah yang tertinggi Eropa dan menghubungkan Zealand dan kepulauan Funen di Denmark serta membentang di daerah Great Belt.  Selesai pada tahun 1998, memiliki ketinggian 254 m dan terdiri dari  sebuah jembatan gantung untuk jalan, terowongan untuk kereta api dan  merupakan jembatan tipe girder box. Istilah The Great Belt  atau ”Jembatan Sabuk Besar” berhubungan dengan jembatan gantung (tetapi  juga dapat merujuk pada seluruh jalur) dan dianggap memiliki rentang  terpanjang kedua di dunia tanpa pemancang sejauh 1,6 km.
Seperti dalam kasus jembatan lain dari jembatan utama, konstruksi  telah membuka jalan untuk bisnis yang lebih baik di wilayah tersebut.  Hal iniyang menyebabkan besarnya biaya konstruksi jembatan dan telah  menghabiskan biaya 21,4 miliar Denmark dan ini merupakan yang termahal  dalam sejarah Denmark.
4. Stonecutters Bridge – Hong Kong
Jembatan Stonecutters adalah jembatan gantung tingkat tinggi yang  berada di terusan Rambler di Hong Kong, menghubungkan kepulauan Nam Wan  Kok dan Pulau Stonecutters. Jembatan ini memiliki ketinggian 298 meter  sehingga jembatan ini adalah yang tertinggi ke-4 di dunia. Pembangunan  jembatan dimulai pada tanggal 27 April 2004 oleh perusahaan patungan  Hitachi Chong dengan biaya 2,76 milyar Hongkong dan dibuka untuk lalu  lintas pada 20 Desember 2009.
Jembatan ini merupakan bagian dari Hong Kong Route 8 yang menghubungkan  banyak tempat di Hong Kong. Tantangan besar dan kesulitan-kesulitan  ekstrim dalam membangun jembatan ini menjadi bagian dari sejarah  pembangunan jembatan kebanggaan masyarakat Hong Kong ini.
3. Akashi-Kaikyo Bridge – Japan
Jembatan Akashi Kaikyo juga dikenal sebagai Jembatan Mutiara,  memiliki rentang pusat terpanjang dari jembatan suspensi yang pernah ada  yaitu 1.991 meter dan tingginya adalah 298,3 meter.
Jembatan ini terletak di Jepang dan selesai dibangun pada tahun 1998.  Jembatan yang menghubungkan kota Kobe di daratan Honshu ke kota Iwaya  di Pulau Awaji dengan menyeberangi Selat Akashi yang super sibuk.  Jembatan ini merupakan bagian dari Highway Shkoku Honshu.
2. Sutong Yantze River Bridge – China
Jembatan Sungai Sutong Yangtze adalah jembatan kabel tetap yang  membentang di Sungai Yangtze di China antara kota Nantong dan Changshu  sebuah kota di provinsi Jiangsu. Dengan rentang 1.088 meter merupakan  jembatan kabel dengan rentang utama terpanjang di dunia sejak tahun  2010. Dua bentang samping yang mencapai 300 meter, dan ada juga empat  rentang kabel kecil diantaranya.
Ada dua buah menara jembatan setinggi 306 meter dan ini menjadikannya  sebagai yang tertinggi kedua di dunia. Panjang total jembatan 8.206  meter. Pembangunannya dimulai pada bulan Juni 2003 dan jembatan sukses  dihubungkan pada bulan Juni 2007. Jembatan ini diuji coba untuk lalu  lintas pada tanggal 25 Mei 2008 dan secara resmi dibuka pada tanggal 30  Juni 2008. Biaya konstruksi diperkirakan sekitar US $ 1,7 miliar.
1. Millau Viaduct Bridge – France
Jembatan Millau, adalah tipe jembatan cabled-stayed yang  membentang di lembah Sungai Tam dekat Millau di selatan Perancis. Ini  adalah jembatan tertinggi di dunia dengan ketinggian 343,0 meter. Yang  sangat mengesankan adalah bahwa jembatan ini sedikit lebih pendek dari  gedung Empire State di Amerika Serikat dan lebih tinggi maka menara Eiffel.
Biaya Konstruksi adalah sekitar 400 juta Euro dan secara resmi dibuka  untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004. Jembatan telah menerima  Penghargaan dari IABSE berupa “Outstanding Structure Award“ pada tahun 2006.
Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa jembatan di dunia yang tinggi dan panjang. Belum lama ini ada sebuah rencana pemerintah Indonesia  akan membangun sebuah jembatan yang akan melintasi Selat Sunda yaitu  antara pulau Jawa dan Sumatera dan menghubungkan dua provisin yaitu  Banten dan Lampung. Jika jembatan ini jadi direalisasikan bisa jadi ini  akan masuk dalam sebuah keajaiban dunia di Indonesia dengan bentang terpanjang dan juga tertinggi di dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar